23+

Image:  freepik

Luka bakar merupakan cidera yang cukup sering terjadi di rumah. Penyebabnya beragam, mulai dari terkena minyak panas saat menggoreng, terkena setrika panas hingga terkena knalpot kendaraan. Melakukan segala aktivitas di rumah selama pandemi berlangsung juga memperbesar faktor terjadinya kecelakaan yang mengakibatkan luka bakar ini. Selama ini, mungkin banyak dari kita mengambil tindakan dengan mengoleskan pasta gigi ataupun mentega pada luka bakar. Namun, tahukah kamu? Mengolesi luka bakar dengan menggunakan pasta gigi ataupun mentega justru dapat menimbulkan infeksi dan juga memperburuk luka, lho! Karenanya, untuk penanganan luka bakar ringan di rumah, kamu dapat menggunakan obat dari bahan alami ataupun salep luka bakar yang mudah ditemukan. Hal penting yang perlu kamu lakukan saat mengalami luka bakar adalah nggak perlu panik, tenangkan dirimu dan segera lakukan pertolongan pertama pada luka bakar ringan dengan cara berikut!

1. Hindari Kontak Pakaian dengan Luka

Image:  freepik

Luka bakar dapat terjadi di bagian tubuh manapun. Sebelum menanganinya, kamu perlu melepaskan pakaian ataupun benda yang dapat menyentuh luka. Tujuannya adalah untuk mempersingkat lama kontak dengan pakaian tersebut.

2. Alirkan Air dengan Suhu Normal

Image:  freepik

Agar panas yang timbul akibat luka bakar tidak menyebar, segera dinginkan luka dengan air bersih bersuhu normal. Alirkan air tersebut pada bagian yang terkena luka bakar selama kurang lebih 20 menit sebelum kulit mulai melepuh. Ingat, air yang digunakan tidak boleh terlalu dingin karena dapat menganggu peredaran darah.

3. Keringkan Bagian yang Terkena Luka Bakar

Image:  freepik

Setelah mengaliri air dengan suhu normal, keringkan bagian yang terkena luka bakar dengan menggunakan handuk kering yang bersih dan basuh secara lembut. Kemudian dikutip dari Alodokter, hindari penggunaan kapas selama perawatan karena serat kapas akan mudah menempel pada luka bakar dan berisiko menimbulkan infeksi.

4. Gunakan Salep Luka Bakar

Image:  Combiphar

Penanganan luka bakar di rumah dapat dilakukan dengan menggunakan salep luka bakar. Oleskan secara tipis salep luka bakar pada bagian yang terkena luka bakar. Pemilihan produk untuk salep luka bakar ini juga harus kamu perhatikan, utamakan produk yang dapat dibeli bebas dan mengandung bahan alam. Karena produk dengan bahan alam ini dapat memperkecil risiko efek samping cenderung lebih aman untuk kulit.

5. Oleskan Lidah Buaya

Image:  freepik

Selain salep luka bakar, lidah buaya dipercaya mampu menyembuhkan luka bakar yang kamu alami. Menurut studi yang dikutip dari Healthline, lidah buaya efektif dalam penyembuhan luka bakar tingkat pertama hingga kedua, karena memiliki sifat anti-inflamasi, melancarkan sirkulasi darah dan menghambat pertumbuhan bakteri. Oleskan gel lidah buaya murni yang diambil langsung dari tanamannya ke area kulit yang terkena luka bakar.

6. Hindari paparan sinar matahari

Image:  freepik

Luka bakar pada area kulitmu akan sangat sensitif terhadap paparan sinar matahari. Karenanya, kamu harus menghindari melakukan aktivitas langsung di bawah sinar matahari, ya! Gunakan pakaian berlengan panjang untuk melindungi luka bakar yang kamu miliki.

7. Oleskan Madu

Image:  freepik

Selain lidah buaya, madu dapat digunakan dalam mengobati luka bakar ringan di rumah. Madu memiliki kandungan zat anti-inflamasi dan antibakteri secara alami sehingga dapat mencegah infeksi kulit yang mungkin terjadi. Cairan dari madu juga berguna untuk mengurangi rasa sakit yang timbul akibat luka bakar.

Salep Luka Bakar yang Aman

Apabila sulit menemukan lidah buaya dan madu, kamu dapat menggunakan produk yang dijual di pasaran. Pilihlah produk yang tepat dengan kandungan bahan alam dengan profil keamanan yang baik untuk kulit. Salah satu pilihan produk dengan bahan alam adalah salep luka bakar Mebo dari Combiphar yang dapat membantu meringankan luka bakar ringan.

Image:  Combiphar

Produk salep luka bakar ini mengandung Phellodendri chinensis Coptidis rhizome, Scutellariae radix, Minyak Wijen dan Beeswax. Kandungan yang terdapat dalam Mebo bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka, meredakan rasa nyeri, dan juga menyerap sisa panas pada area luka. Selain itu, produk ini juga dapat membuat area luka menjadi moist atau lembab dan dapat meminimalisir potensi timbulnya bekas luka. Mebo digunakan untuk pemakaian luar, cara mengaplikasikannya adalah dengan mengoleskan tipis pada luka dengan ketebalan 1 mm setiap 4-6 jam. Sebaiknya untuk penanganan luka bakar di rumah, utamakan memilih produk yang dapat dibeli bebas (tanpa resep) dari bahan alam, karena relatif aman.

Produk Mebo bisa kamu dapatkan dengan mudah di Combiphar Official Shopee Store ataupun Tokopedia.  Berikut adalah link nya:

Di Combiphar Official Store Shopee : https://bit.ly/Mebo_Shopee

Di Combiphar Official Store Tokopedia : https://bit.ly/Tokopedia-Mebo-Ointment

Selain itu, kamu juga berkesempatan mendapatkan voucher Shopee senilai Rp. 25.000 untuk berbelanja di Combiphar Official Store. Belanja semakin nyaman dari rumah! Langsung registrasi sekarang di link berikut http://healthylifestyle.cosmopolitan.co.id/register/ dan dapatkan vouchernya!

Selain itu, setiap 50 register pertama di setiap bulan periode Juni – Desember 2020 akan mendapatkan saldo pulsa HP (prabayar) senilai Rp 50.000,-

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

TENTANG KAMI

Combiphar berdiri sejak 1971 diawali dengan industri rumahan di Bandung. Combiphar memproduksi obat-obat antibiotika, analgesika dan obat batuk hitam. Selain pengobatan kuratif, Combiphar berfokus pada pengembangan pengobatan kesehatan preventif.

Hubungi Kami

Senin – Jumat: 08:00 – 17:00
0800-1-800088 (Bebas Pulsa)
0818 06 800088 (sms & whatsapp)
icon@CombiCareCenter
icon 51F0B55B / COMBICC